Kiat

Kiat Menjadi Sejahtera
Oleh: Sukarno
Direktur Penerbit Fatimah Pressindo

Setiap orang tentu ingin menjadi sejahtera dalam hidupnya. Kita dapat mengetahui kiat sukses menjadi sejahtera atau bahkan kaya dengan cara belajar dari kehidupan mereka. Pada umumnya ada beberapa hal/kiat yang dapat kita terapkan dengan harapan menjadi lebih sejahtera atau kaya.
Pertama, rajin beribadah dan berdoa kepada Allah SWT untuk mendapat ridho-Nya. Jangan lupa sholat wajib lima waktu. Plus usahakan sholat sunnah, puasa sunnah, dan berdzikir.
Kedua, rajin bekerja. Tentu saja dalam hal ini pekerjaan yang halal. Jika selama ini kita bekerja 8 jam sehari, tambah jam kerja menjadi 16 jam per hari. kalau belum mampu, bisa jadi 10 jam, 12 jam atau 14 jam. Optimalkan segenap kemampuan yang ada pada kita untuk bekerja semampunya. Jika kita sudah bekerja maksimal, Allah pasti akan menunjukkan hasilnya. Percayalah pada Allah. Kalau lelah, beristirahatlah.
Ketiga, tingkatkan penghasilan dengan cara membangun usaha sampingan. Misalnya, menyunting naskah, menerjemahkan, jualan makanan, jualan pulsa, jualan buku, dll.
Keempat, menanamkan modal. Caranya, kita dapat bekerja sama dengan menitipkan modal pada teman, kerabat atau saudara yang berminat berwirausaha. Sistemnya dapat menggunakan bagi hasil sesuai dengan tuntunan agama. Jangan sampai merugikan salah satu pihak yang bekerja sama.Dalam dunia usia, trust sangat penting. Jadilah penanam modal dan pelaksana usaha yang amanah.
Kelima, memperbanyak sedekah. Lihatlah sekeliling lingkungan kita. Masih adakah keluarga atau kerabat kita yang kekurangan? Jika ada, maka segeralah dibantu. Masih adakah anak-anak yatim? Kalau masih ada, usahakan dapat menyantuni mereka. Apakah ada fakir miskin? Misalnya ada, bersedekahlah. Bersedekah tidak akan membuat kita miskin.
Keenam, kurangi pengeluaran. Biasakan membeli barang-barang sesuai kebutuhan. Jangan terbiasa selalu menuruti keinginan untuk dapat mengikuti selera teman-teman yang jauh lebih kaya. Kalau sudah punya HP yang masih dapat dipakai, jangan dicuekin (dibuang-Red) hanya karena ingin membeli yang lebih cangging.
Ketujuh, ikutlah program asuransi untuk memproteksi kepemilikan/properti kita dari hal-hal tak terduga, misalnya bencana alam, kebakaran, banjir, dll.
Kedelapan, menabunglah. Hal ini penting untuk menyiapkan pendidikan yang baik bagi anggota keluarga, misalnya anak.
Kesembilan, aktif dalam berbagai kegiatan sosial, misalnya sebagai anggota, pengurus organisasi sosial, organisasi kemasyarakatan, organisasi yang religius, dll.
Kesepuluh, pasrah/tawakkal kepada Allah SWT. Manusia wajib berikhtiar, tapi hanya Allah SWT yang berhak menentukan segalanya.
Wallahu a'alam.

Related product you might see:

Share this product :

Post a comment

 
Support : Sukarno Pressindo | Fatimah Pressindo | Putri Boga
Copyright © 2011. Penerbit Sukarno Pressindo - All Rights Reserved
Template Created by Sukarno Pressindo Published by Fatimah Pressindo
Proudly powered by Sukarno